Senin, 22 April 2013

HAMIL ANGGUR JILID II

Postingan ini aku tulis karena banyaknya antusiasme dari pembaca, hehe. Postingan kali ini masih meneruskan postingan aku yang ini. Okey dech di postingan aku yang lalu aku udah ngebahas soal apa sich 'hamil anggur' itu dan apa penyebabnya, nah iyaa kan....??? Nah kali ini aku akan memperdalam pembahasan soal proses 'hamil anggur' itu sendiri, dan tak lupa akan aku perbanyak dech foto-foto tentang 'hamil anggur' ini. 

Pada proses tenbentuknya janin pada kehamilan biasa, biasanya ditandai dengan bertemunya sel telur dan sperma yang terjadi di dalam rahim ibu, nah setelah itu sel telur dan sperma yang telah bertemu atau sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tadi mulai melakukan perjalanannya untuk menuju ke dinding rahim dimana akan terjadi proses selanjutnya yaitu pembentukan bakal janin. Nah dalam, kasus 'hamil anggur' tadi proses pembetukan bakal janin mengalami kegagalan, janin yang belum terbentuk tadi terserap masuk kedalam tubuh. Akibatnya saluran yang mengalirkan darah dan nutrisi atau yang di sebut jonjot di rahim tetap tumbuh dan menggelembung. Dan gelembung yang mirip buah anggur ini akan membesar seiring dengan meningkatnya usia kehamilan.

Ini proses terjadinya kehamilan pada umumnya:
Gambar dibawah menunjukkan saat sperma membuahi sel telur


Gambar dibawah memunjukkan proses perjalan 'sel telur' yang telah dibuahi menuju dinding rahim, atau yang dikenal dengan proses 'morula-blastula-gastrulla' pembentukan bakal embrio yang akan menjadi janin.


Dan pada akhirnya akan menjadi janin atau 'fetus'


Proses 'hamil anggur' ini sama halnya dengan proses pada kehamilan biasa, namun yang membedakannya, pada proses 'hamil anggur' janin gagal terbentuk. Pada proses 'hamil anggur' sel telur yang telah dibuahi gagal membentuk embrio atau bakal janin, maka yang terbentuk bukannya 'janin' tapi gelembung-gelembung yang berrongga seperti buah anggur, makannya proses ini disebut 'hamil anggur'. Maka sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan terlihat seperti gambar-gambar di bawah ini : 





Dan hasil USG (Ultrasonografi) dari 'hamil anggur' akan terlihat seperti dibawah ini 



Dalam kasus 'hamil anggur' karena janin gagal terbentuk, maka saat dilakukan USG tidak akan terdengar detak jantungnya. 

Nah, gimana udah tambah faham pa belum soal hamil anggur ini, jadi setelah membaca dua artikel ku ini, aku harap kalian gak bingung dan tau mengenai seluk-beluk 'hamil anggur' ini. Nah, udah dulu yach artikel ku kali ini, semoga bermanfaat, keep spirit..... !!! ^_^ ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar